Rabu, 23 Juli 2014 | 04:16
Follow Us: Facebook twitter
Kadis TRTB Medan Pimpin Pembongkaran Perumahan Astoria Medan Selayang
Kadis TRTB Medan Pimpin Pembongkaran Perumahan Astoria  Medan Selayang
perumahan astoria medan selayang
Medan / BNO

Kepala Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan ( TRTB ) kota Medan,Ir Sampurno Pohan dalam melaksanakan tugasnya patut dibanggakan. Pasalnya kian hari semakin menunjukan kinerjanya dalam menertibkan berbagai bentuk bangunan yang menyimpang di Medan. Tepatnya Rabu (01/08/2012) sebanyak 177 unit bangunan Perumahan Astoria di Jalan Harmonika Kelurahan PB Selayang II dibongkar karena diduga tidak memiliki Surat Ijin Mendirikan Bangunan ( SIMB).

Kadis TRTB kota Medan,Ir Sampurno Pohan mengatakan,pembongkaran tersebut dilakukan karena bangunan perumahan mewah ini tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB). Selain itu, kata Sampurno, keberadaan bangunan mewah tersebut menyebabkan banjir disekitar pemukiman warga sehingga warga kesal," katanya.

Sebelum membongkar,lanjut Sampurno, pihaknya sudah memberikan surat peringatan sesuai Perda No 9 Tahun 2002, agar proses pembangunan dihentikan, namun pemilik tidakmengindahkannya sehingga kami lakukan pembongkaran," tegasnya.

Kadis didampingi Kasi Pengawasan,Darwin dan Kasi Pemberdayaan dan Pemanfaatan, Ali Tohar meminta kepada pemilik perumahan untuk mengurus SIMB nya dan juga memenuhi apa yang dikeluhkan warga setempat. "Pemilik bangunan harus mencari solusi bagaimana caranya agar kawasan pemukiman sekitarnya tidak banjir," pinta Kadis.

Pembangunan harus dihentikan dahulu, menunggu SIMB keluar. "Kita tidak ingin menghalangi investor untuk berinvestasi, namun investasi yang dilakukan jangan sampai merugikan orang banyak.Maka itu, saya minta pemilik menyahuti apa keluhan warga," ucapnya.

Berdasarkan pantauan BNO menyebutkan,pembongkaran yang dipimpin langsung Kadis TRTB Ir Sampurno Pohan tersebut disaksikan pihak Koramil dan Polsek setempat tanpa disaksikan pemilik perumahan. Tim TRTB melakukan pembongkaran menggunakan martil besar, tampak tim TRTB pimpinan Kadis TRTB Medan membongkar kusen bangunan 10 unit dan membongkar dinding bangunan tersebut,termasuk juga dinding pembatas. Saat bangunan dibongkar tampak pengawas perumahan sibuk menghubungi seseorang.

Sekedar diketahui, sebelumnya warga setempat keberatan dengan keberadaan bangunan mewah yang diduga menyebabkan banjir tersebut sehingga membuat warga dan gabungan beberapa LSM melakukan aksi demo.

Selain tanpa SIMB, salah seorang warga mengatakan, bangunan tersebut kerap
menimbulkan banjir tatkala hujan turun, dan sebelum bagunan perumahan itu berdiri, kami disini tidak pernah kebanjiran," keluhnya.(Ry)

 


comments powered by Disqus

Copyright © 2012 BY Buana Nusantara Online.com. Kembali Ke Atas